January 6, 2012

Apakah itu Google Analytics? Google Analytics menunjukkan cara pengunjung mencari dan menjelajahi situs Anda, serta cara Anda menyempurnakan pengalaman pengunjung. Dengan informasi ini, Anda dapat meningkatkan laba atas investasi situs web, meningkatkan konversi, dan memperoleh penghasilan yang lebih besar di web. Panduan ini dapat membantu Anda memahami fitur utama Google Analytics.

1. Langkah pertama pastinya kita harus mempunyai sebuah blog/web dan di anjurkan kita memakai akun gmail. karena gmail sendiri adalah product google. Oke untuk mempersingkat waktu sekarang anda kunjungi alamat ini : http://www.google.com/analytics jika sudah maka anda akan di sarankan untuk mengakses ke google analytics, klik access anlytics seperti gambar di bawah ini :
Setelah itu kita kita diminta untuk login ke akun google kita :
Lalu signin, dan mulai signup untuk pertama memulai menggunakan google analytics klik tanda signup yang tampil di layar anda :
Lalu isi data anda masukan URL situs anda, dan nama dari blog anda tersebut :
Setelah itu maka kita akan di bawa ke halaman verifikasi. masukan kode HTML yang tertera pada halaman ini :
Copy semua kode HTML masukan kode tersebut ke template web atau blog anda Tujuan dari kode tersebut agar pihak google anlytics tersebut bisa memantau setiap aktifitas blog atau web kita, dan letakan kode tersebut diantara dan :
Kalau sudah Save Tempalate. Sekarang kita beralih ke halaman google analytics tadi dan klik simpan kode seperti gambar yang ada di bawah ini :
Setelah klik simpan anda bisa beralih kebagian Dashboard agar nanti bisa memantau kinerja blog atau web anda.